Selasa, 14 Oktober 2014

Tools Multimedia

Alat multimedia saat ini tidak hanya menggunakan komputer saja. Alat komunikasi seperti HP pun sudah menjadi sebuah perangkat multimedia yang semakin canggih. Dengan menggunakan HP yang terbaru kita bisa menggunakan fasilitas teleconference, menonton TV, mengakses internet dan berbagai fasilitas wireless (koneksi tanpa kabel) lainnya.

Selain HP atau ponsel, kamera  digital saat ini juga sudah berfungsi sebagai perangkat multimedia yang dapat menyajikan suara, teks, animasi walaupun belum dapat mengakses internet.

Secara umum, perangkat multimedia dikelompokkan menjadi dua, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak.Hardware yang diperlukan untuk komputer multimedia tergantung kepada pilihan pribadi, anggaran biaya, jenis material dan isi dari proyek multimedia :
1)  Perangkat keras multimedia
Perangkat keras yang dibutuhkan untuk multimedia dapat dikelompokkan menjadi lima, yaitu perangkat konektor, input, output, penyimpan dan perangkat komunikasi.
a)  Perangkat konektor
     Diantara beberapa perangkat komputer, monitor, hardisk, video proyektor, speaker dan perangkat-perangkat
     lain, terdapat terdapat kabel-kabel yang menghubungkan. Kecepatan transfer data perangkat konektor yang
     digunakan akan menentukan kecepatan pengiriman content multimedia.

     Beberapa perangkat konektor yang biasa digunakan adalah :
     1.  Small computer system interface (SCSI)
          SCSI merupakan perangkat standar untuk penghubung secara fisik dan pertukaran data antara komputer
          dan peripheral. Standar SCSI mendefinisikan perintah, protokol, serta antarmuka elektrik dan optic. SCSI
          biasa digunakan untuk hard disk.

     2.  Media control interface (MCI)
          MCI  merupakan  perpanjangan  dari  API  untuk  mengendalikan peripheral multimedia yang terhubung
          dengan computer. MCI terdiri dari empat bagian, yaitu AVI video, CD audio, sequencer dan wave audio.

     3.  Intergrated drive electronic (IDE)
          Antarmuka IDE merupakan standard untuk media penyimpan yang terhubung ke komputer.

     4.  Universal serial bus (USB)
          USB  merupakan  standard  bus  serial  untuk  menghubungkan beberapa perangkat. USB di desain
          untuk memungkinkan berbagai peripheral  terhubung  menggunakan  sebuah  soket  antarmuka
          standard dan memiliki kemampuan plug and play, artinya perangkat dapat dipasang dan dilepas tanpa
          harus mematikan  komputer terlebih dahulu.

     5.  High-definition multimedia interface (HDMI)
          HDMI adalah sebuah standard koneksi digital yang dirancang untuk menampilkan  gambar  dan  suara
          resolusi  tinggi. Kelebihannya adalah, kabel HDMI dapat menampilkan gambar Full-HD, Surround Sound,
          control signal, bahkan data Ethernet, hanya dengan satu kabel.

b)  Perangkat input
     Perangkat input adalah perangkat yang berfungsi untuk mentransformasi informasi dari dunia luar untuk
     diolah oleh komputer. Perangkat input biasanya dikendalikan secara langsung oleh pengguna. Beberapa
     perangkat input tersebut antara lain :
     1.  Keyboard
     2.  Perangkat  pointing  (mouse,  touchpad,  touchscreen,  trackball, lightpen)
     3.  Perangkat input gambar dan video (scanner, webcam)
     4.  Perangkat input audio (microphone)

c)  Perangkat output
     Perangkat  output  adalah  perangkat  yang  digunakan  untuk mengkomunikasikan  hasil  pengolahan  data
     dari  komputer  kepada pengguna.  Perangkat  output  antara  lain  speaker,  amplifier,  monitor, proyektor,
     printer.

d)  Perangkat penyimpan
     Perangkat penyimpan adalah perangkat untuk merekam atau menyimpan informasi (data). Perangkat
     penyimpan dapat digunakan untuk menahan maupun memproses data. Beberapa perangkat penyimpan
     tersebut antara lain :
     1.  Random access memory (RAM)
          RAM merupakan memori utama yang  digunakan untuk inisialisasi sistem operasi dan juga program
          aplikasi. RAM bersifat volatile dan setiap program yang diakhiri/ditutup maka akan dihapus dari RAM.
          Semakin besar kapasitas RAM, semakin cepat waktu pemrosesan.

     2.  Read only memory (ROM)
          ROM bersifat  non-volatile. ROM biasa digunakan pada komputer untuk menyimpan program BIOS
          yang digunakan untuk inisialisasi booting komputer. Pada printer, ROM digunakan untuk menyimpan font.

     3.  Hardisk
          Hardisk  merupakan  perangkat penyimpan untuk data biner yang mudah dibaca oleh komputer.

     4.  Compact disk (CD)
          CD  adalah sebuah media penyimpanan yang berbentuk piringan. Atau disebut juga optik pada generasi
          pertama yang menggantikan disket (floppy disc) pada waktu itu karena CD memiliki kapasitas
          penyimpanan  yang  lebih  besar  dengan  harga yang sama  CD banyak digunakan untuk membuat film
          dengan resolusi kecil atau sebagai  media  transmisi  software-software aplikasi.CD  memiliki kapasitas
          penyimpanan data 700 MB

     5.  Digital versatile disk (DVD)
          DVD adalah media penyimpanan optik yang populer. Penggunaan utamanya  untuk  menyimpan  video
          dan data. Sesuai dengan namanya, ukuran fisik standarnya sama dengan CD (Compact Disc), namun
          dengan kapasitas enam kali lipat dari CD.

e)  Perangkat komunikasi
     Aplikasi multimedia dibuat oleh sebuah tim yang terdiri dari beberapa orang, yang bisa jadi bekerja dalam
     satu gedung, namun dapat pula bekerja pada gedung yang berlainan dan berjauhan jaraknya. Sehingga
     dibutuhkan perangkat komunikasi untuk saling menghubungkan mereka. Perangkat komunikasi tersebut
     antara lain modem dan ISDN.

2)  Perangkat lunak multimedia
Perangkat   lunak   multimedia   adalah   komponen-komponen   dalam   data processing system, berupa
program-program untuk mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia. Perangkat lunak ini digolongkan
menjadi tiga bagian yaitu bahasa pemrograman multimedia, perangkat lunak sistem multimedia dan perangkat
lunak aplikasi multimedia.
o  Bahasa Pemrograman Multimedia
    Bahasa   pemrograman   Multimedia   adalah   bahasa-bahasa   yang digunakan programmer untuk membuat
    aplikasi multimedia. Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic dan Java.
o  Perangkat Lunak Sistem (System Software)
    Perangkat lunak ini terdiri dari  sistem operasi (Operating  System) misalnya DOS (Disc Operating System),
    Windows 95/98/ME, Windows NT/2000,  Windows  XP,  Windows  Vista,  UNIX,  Linux  atau  Mac  OS.
    Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) misalnya aplikasi Antivirus.
o  Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
    Perangkat lunak aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh personal atau organisasi
    untuk user yang beroperasi dalam bidang-bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling dan
    animasi.
    a)  Perangkat Pengolah Teks
         Aplikasi pengolah teks yang banyak digunakan misalnya Microsoft Word,  Word   Star   for  Windows,
         Word  Perfect  dan  Star Writer, sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open source
         misalnya Open Writer, KWriter dan Abi Word.
    b)  Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D
         Aplikasi pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:
         -  Grafik 2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator.
         -  Grafik 2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint Shop Pro, Gimp. Animasi,
            misalnya Macromedia Flash.
    c)  Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Modeling Grafik 3D
         Contoh dari perangkat lunak Animasi dan modeling Grafik 3D adalah 3D Studio MAX, Maya, Softimage,
         LightWave, Blender dan lain sebagainya.
    d)  Perangkat Lunak Authoring Multimedia
         Authoring merupakan aplikasi komputer yang memberikan peluang kepada pengguna untuk
         mengembangkan sebuah perangkat lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia
         tanpa harus mengetahui penggunaan dan pemahaman bahasa pemrograman, misalnya Macromedia.

         Authoring,  sedangkan  aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya Macromedia
         Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).

         Jenis perangkat ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu authoring berbasis halaman, authoring berbasis
         icon dan authoring berbasis waktu.

         Authoring berbasis halaman merupakan authoring yang bekerja berbasis halaman atau buku dengan
         mengorganisasi elemen-elemen dalam halaman atau buku tersebut. Contoh dari aplikasi ini adalah
         HyperCard dan ToolBook Assistant.

         Authoring   berbasis   icon   menggunakan   konsep   flowchart untuk membuat aliran elemen-elemen
         multimedia yang dihubungkan bersama atau secara sendiri-sendiri yang secara khusus menampilkan
         diagram   alir   aktivitas   sepanjang   jalur   percabangan, contohnya adalah Microsoft Power Point dan
         Macromedia Authorware.

         Authoring berbasis waktu merupakan pengembangan paket multimedia sebagai pengorganisasian
         objek sepanjang lini waktu. Frame yang diorganisasikan secara berurut kemudian ditampilkan kembali
         kepada pengguna. Contoh aplikasi yang menggunakan cara ini adalah Macromedia Director.

         Authoring  DVD  adalah  aplikasi  yang  digunakan  untuk menampilkan  menu  interaktif  movie,
         contohnya  adalah  Pinnacle Impression, Sonic ReelDVD dan Ulead DVD Workshop.

e)  Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web
     Contoh produk-produk mendesain web antara lain adalah Macromedia Flash   yang  digunakan  untuk
     membuat  animasi  grafis pada  web, Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Front Page.

1 komentar:

  1. I want to earn a share of merit casino
    and I would like to have it to earn a share 메리트 카지노 쿠폰 of merit casino. or 인카지노 I would like to earn a share 바카라 사이트 of it to earn a share of

    BalasHapus