Sket (sketch) merupakan gambaran atau lukisan yang kasar, ringan,
semata-mata garis besar atau belum selesai. Kadang kala hanya digunakan
sebagai pengingat-ingat saja.
Sketsa atau sket (sketch) secara umum dikenal sebagai bagan atau
rencana bagi sebuah lukisan. Dalam pengertian itu, sketsa lebih merupakan
gambar kasar, bersifat sementara, baik diatas kertas maupun diatas kanvas,
dengan tujuan untuk dikerjakan lebih lanjut sebagai lukisan.
Manfaat sketsa adalah sebagai berikut
1. Untuk memberikan gambaran tema
2. Meminimalisir kesalahan
3. Mempertajam pengamatan
4. Meningkatkan kemampuan mengkoordinasi hasil pengamatan dan
ketrampilan tangan
Ada beberapa aturan yang perlu diperhatikan dalam membuat gambar
sketsa :
1. Membuat kerangka gambar yang terdiri dari garis-garis vertikal, horizontal,
diagonal maupun garis melengkung secara tipis-tipis.
2. Menggambar garis sekundernya, misalnya melukis kerangka kotak/kubus
dalam keadaan tipis.
3. Menebalkan garis-garis sketsa yang sudah benar. Ketebalan sesuai dengan
karakter jenis garis yang diinginkan.
Terdapat beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk membuat gambar
sketsa :
1. Media gambar : kertas gambar (kertas HVS, kertas manila, kertas
padalarang, kertas roti, kertas kalkir, kertas sketsa).
2. Alat gambar manual : pensil, rapido.
3. Alat gambar digital : komputer dengan program Computer Aided Design
(CAD), digital pen, software design grafis.
4. Alat bantu gambar : light box, scanner, meja gambar, mesin gambar, mistar
gambar segitiga, busur derajat, mal, sablon, dan penghapus.
Kekuatan garis bergantung pada kertas yang dipergunakan. Makin kasar
kertas yang digunakan, makin gelap goresan pensil yang diperoleh. Sebaliknya
makin licin kertas, makin abu-abu goresan itu.
Pensil adalah salah satu media gambar yang murah, mudah ditemukan,
mudah digunakan dan bisa dibawa kemana saja. Banyak sekali macam dan jenis
potlot/pensil sesuai dengan penggunaannya, antara lain:
1) Pensil biasa
Pensil biasa dengan batang kayu relatif murah, dapat dipakai untuk membuat
berbagai macam goresan, dan dapat digunakan untuk menutup bidang
gambar dan membuat bayangan. Walaupun pensil biasa sudah cukup cocok
untuk dipergunakan menggambar, namun dalam pengunaannya harus
diperhatikan mutu dan jenis pensilnya.
2) Pensil keras (Hard/H)
Pensil jenis ini memiliki tingkat dan kwalitas kekerasan mulai dari 9 H (sangat
keras) kemudian F. Pensil jenis ini biasanya banyak dipakai untuk
menggambar mistar, karena jenisnya yang keras tersebut. Semakin keras
tingkatan isi pensil, semakin dapat digunakan untuk menghasilkan garisgaris yang padat, halus dan tipis.
3) Pensil sedang (Medium/HB)
Pensil ini dipakai untuk membuat desain/sket/gambar rencana, baik untuk
gambar dekorasi maupun gambar reklame.
4) Pensil lunak (Soft/B)
Isi pensil yang lunak dapat menghasilkan garis-garis yang padat, gelap dan
nada gelap terang. Untuk hampir semua gambar tangan bebas, pensil jenis B merupakan jenis pensil yang banyak manfaatnya. Jenis pensil ini banyak
dipakai untuk menggambar potret, benda atau pemandangan alam dalam
warna hitam putih.
5) Konte
Berwarna hitam arang dan berbeda dengan pensil biasa karena mempunyai
goresan yang tebal dan lebar. Dibedakan pula menjadi :
1. Hard / H / Keras
2. Medium / HB / Sedang
3. Soft / B / Lunak
6) Pensil warna
Pensil ini mengandung lilin dan tersedia dalam 12 macam warna.
Secara umum teknik memegang pensil dibedakan menjadi 2 macam yaitu :
1. Memegang pensil seperti menulis, cara ini sangat sesuai jika Anda
ingin menghasilkan gambar yang detail.
![]() |
Gambar Posisi memegang pensil seperti menulis |
2. Memegang pensil antara ibu jari diatas dan 4 jari dibawahnya, teknik
seperti ini sangat baik untuk membuat garis-garis yang berani
![]() |
Gambar Posisi memegang pensil untuk menggaris |
Memberi tekanan yang berbeda ketika memegang pensil juga menghasilkan arsir yang berbeda. Semakin kuat tekanan maka arsir yang dihasilkan tebal sebaliknya jika tekanan lemah maka arsir yang dihasilkan tipis.
Jika Anda memang baru pertama kali mulai menggambar dengan pensil, kemungkinan garis yang Anda hasilkan pun terlihat kaku dan garis terputus-putus. Masalah ini dapat menghilang secara perlahan jika Anda sering berlatih dan tangan Anda pun terasa lemas dalam menghasilkan garis. Kesalahan seorang pemula biasanya terlalu mengkhawatirkan apakah gambar itu bagus atau tidak dan apakah gambar nya salah atau benar. Biasanya pemula takut untuk membuat garis berulang-ulang dan selalu ingin menggunakan penghapus. Sebaiknya hilangkan perasaan takut untuk membuat kesalahan dan jangan gunakan penghapus terlebih dahulu.
Rival Resort Casino and Spa - DRMCD
BalasHapusIn 강릉 출장샵 addition to resort and casino games, Rival has 경상북도 출장마사지 a dedicated 전라북도 출장마사지 game room. At Rival 군산 출장샵 Resort Casino, you can 영천 출장샵 enjoy a variety of slots, table games, and bingo